Dapur Uji : Pineapple Bun



Kalau di FB Group NCC ini dikenal dengan Polo Pau ala Hongkong, pas search dengan kata kunci tersebut yang muncul Pineapple Bun. Kalau dilihat secara bentuk ini mungkin mirip sama Melon Pan kali ya? Cuma bedanya toping Pineapple Bun ini ga dikerat2 ala Melon Pan.

Jujur belum pernah makan baik itu Melon Pan ataupun Pineapple Bun, selama ini cuma pernah nyobain Polo Bun ala Meksiko yang dikenal dengan Roti Boy, makanya ketika mba Nikmatul Rosidah share resep ini jadi penasaran kepengen nyobain, dan langsung masukin kedalam list project Dapur Uji.

Toping ini berupa crust campuran terigu, butter, gula, dan kuning telur yang diremas2 hingga menjadi adonan yang lembut dan bisa digiling, sebelum dipanggang dioles dengan kuning telur agar warnanya cantik (Kalau Melon Pan, ga dioles kuning telur, tapi cukup dikerat2 aja). Dipanggang dengan suhu tinggi selama 15 menit.

Ini saya buatnya tanpa filling, karena menurut saya adonan crustnya ini pasti udah manis dan wangi jadi sepertinya tidak perlu lagi menambahkan filling. Daaaan saya jatuh cinta sama aromanyaaa, wangiii bangeeeet, apalagi saya menggunakan butter Wisjman, saya benar2 menikmati rasanya.

Untuk resep roti saya menggunakan resep roti ini, udah jatuh cinta dengan rasanya, beneran lembut deh rotinya, ga pake ribet pula. Adonan roti saya timbang 50 gr, jadinya 18 pcs (1 pcs terakhir timbangannya ga nyampe 50 gr). Dan ternyata adonan crustnya hanya jadi 13 pcs, itupun sudah dengan ketebalan crust yang beragam, ada yang tebal banget, ada yang tipis, ada yang pecah :D.

Ini dia resepnya

Pineapple Bun
Resep Polo Pau ala Hongkong by. Nikmatul Rosidah
Source : FB Group NCC

Bahan :
110 gr tepung terigu protein sedang, ayak
80 gr gula pasir
¼ sdt baking powder
¼ sdt baking soda (soda kue)
60 gr butter (saya pake Wisjman)
1 butir kuning telur
1 butir kuning telur untuk olesan

Bahan Roti silahkan klik disini

Cara Membuat :
Campur terigu, baking soda, baking powder, dan gula. Masukkan butter, remas2 hingga tercampur rata, masukkan kuning telur, remas2 hingga lembut. Bentuk bulat pipih, tutup dengan plastik wrap, simpan dikulkas selama 30 menit.(karena saya ga punya plastik wrap, saya taroh diwadah, tutup dengan plastik biasa, simpan dikulkas).
Keluarkan dari kulkas, giling, cetak bulat, dan taroh diatas roti yang sudah diproffing kedua. Oles dengan kuning telur, panggang roti selama 15 menit dengan suhu 200 derajat C.

Diameter Crustnya sebenarnya suka2 sihh, disesuaikan selera aja, kalau mau full nutupin atas roti, yang diameternya agak besar dikit. Yang jelas ketika dipanggang rotinya khan akan mengembang lagi, nah retakan dari crust yang tidak beraturan ini yang cantik menurut saya J

Nah karena roti sudah keburu dibentuk bulat semua, dan sudah diproffing, ga mungkin lagi ngubah bentuknya, jadi sisa roti yang ga kebagian toping tetap saya panggang. Setelah dipanggang, oles dengan mayonaise campur saus tomat, lalu beri taburan abon sapi yang banyak, jadi deh roti abon, rasanya? Ga kalah nikmeeeeh sama Pineapple Bunnya, sayang jadinya cuma 5 pcs, ga puas hihih anytime deh, udah rencana mau bikin roti floss abon sapi.


Segitu dulu deh, silahkan dicoba Pineapple Bunnya, dijamin ketagihan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Talam Rebon

kue duri-duriang ole-ole ke Makassar

CornFlake Cookies