kue duri-duriang ole-ole ke Makassar

Asyikkk mau mudik ke Makassar, senangnyaaaaaa, terakhir ke Makassar waktu lebaran Idul Fitri, habis itu ga pernah mudik lagiii, apalagi ongkos bisnya tambah mahal, mikir kalau mau ke Makassar, hehehe

Nah dari jauh2 hari, Ibu udah request bawain kue duri-duriang yaaa, tapi yang ga pake duren.. duhh yang dijual di Pasar mana ada yang tanpa duren, apalagi musim duren seperti sekarang iniii, ya sudahlah sepertinya memang harus bikin, akhirnya googling nemu diblognya mbak Hesti HH, akhirnyaaa..

Siapin bahan, rencana mau bikin 2 versi, yang pakai duren dan yang tanpa duren, untuk adonan kulit sekali ngadon 2 resep, biar ga bolak-balik ngadon sebenarnya, eh ternyata 1 resep unti malah memakai 2 resep kulit, jadi total bikin 4 resep. capeknya beneran maksimal inii, ngeguntingin adonan menjadi seperti kulit duriannya ini yang beneran makan waktu, jadinya kemarin bikin 1 versi, dan hari ini bikin versi 1nya, ga sanggup bikin 4 resep dalam sehari ditengah2 orderan pizza doubleyoucakes yang alhamdulillah laris manisss (kejar setoran nih buat tiket pulang, hahahaa)

ini dia resepnya
 Kue duri-duriang
 resep by. Mamanya mba Hesti HH
 source : klik disini

 Bahan kulit :
 125 gr gula halus
 3 butir telur
 115 gr margarin, lelehkan
 1/2 sdt vanili
 375 gr tepung terigu
 1 sdm maizena
 1/4 sdt baking soda
 1/2 sdt baking powder

 Bahan isi :
 1 butir kelapa parut,
 250-300 gr gula merah
 150 ml air
 3 buah duren, buang bijinya (sy pake 50 gr untuk versi duren, dan skip duren pada versi yang tanpa duren)
 1/4 sdt garam (tambahan saya)
 daun pandan (ga pake, lagi ga punya)

Cara membuat :
 1. Bahan isi : sangrai kelapa sebentar, sisihkan. didihkan air dan gula merah, saring, masukkan kembali ke panci (saya menggunakan wajan) didihkan kembali, masukkan duren, biarkan hinggan duren matang, masukkan garam, aduk rata, lalu masukkan kelapa parut. aduk hingga kalis. angkat, dinginkan, lalu ambil sedikit adonan bentuk lonjong, saya timbang 10 gr peradonan.
 2. Ayak terigu, maizena, baking soda dan baking powder. sisihkan.
 3. Kocok gula, telur dan vanili hingga mengembang, masukkan setengah bagian tepung terigu, aduk rata, masukkan margarin leleh, terakhir masukkan sisa tepung, aduk rata hingga kalis.
 4. Ambil sedikit adonan, (saya timbang 16 gram), beri isian, bentuk lalu gunting permukaan kue menggunakan gunting yang ujungnya lancip membentuk duri landak atau duri durian. lakukan hingga adonan habis.
 5. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan, suhu 160 derajat C selama 20-25 menit hingga matang.
 6. Angkat. Dinginkan dan simpan dalam toples kedap udara.

 Oya, kelapa parut disangrai fungsinya agar mengurangi kadar air kelapa, agar isian bisa tahan lama, disangrai juga sebentar aja kok, ga perlu sampai berubah warna.

Untuk versi yang pake duren, waktu bikin, adonan saya simpan dikulkas dulu, saya keluarkan sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan, hasilnya durinya lebih lancip, teksturnya lebih renyah. sayang ga sempat difoto, kemarin selesai memanggang dah malam, mau foto hasilnya jadi tidak maksmimal.

Foto diatas adalah foto versi tanpa duren, adonanya ga sempat saya taroh dikulkas, karena kulkasnya lagi full.. adonan lebih berminyak sih, dan durinya menjadi samar ketika dipanggang.

Hasilnya memang belum secantik tampilan kue duri-duriannya mba Hesti, ini beneran keliatan kalau amatir hihihi. Diresep mba Hesti, hasil jadi untuk ukuran besar sekitar 30 pcs, sementara saya dengan timbangan 16 gr hasilnya 46 pcs, memang sih jadi lebih tipis, dan isiannya membayang, makanya kurang cantik, mungkin anytime pake timbangan kulit 20 gr.

 Untuk yang tanpa duren, adonan isiannya kurang, habis dipakai untuk bikin isian Dadar Gulung Mawar, jadi adonan kulit sisanya ya isi dengan selai durian, eh selai durian ga sih bilangnya? kemarin sore mertua pulang bawa duren lumayan banyak, jadi dibikin dampo/dompo/sale durian, duriannya dimasak sama gula sampai kalis.. tapi warnanya ga sampai kecoklatan kayak selai durian. Nah itu sebutnya apa? hehe ntahlaah hasilnya enaaak cuma durinya malah lebih samar lagiiii

Oya, tadi pagi waktu beli bahan disalahsatu toko, mampir liat2 kue yang dijual di bakerinya si toko, kebetulan ada kue duri-duriang ini, harganya 4000/pcs. belilah 2, pas nyoba, adonan kulitnya pake kulit nastar, isiannya selai durian, enaaak sih, tapi saya kehilangan rasa otentik dari kue duri-duriang. Selain adonan isi yang khas dari kue duri-duriang ini, sebenarnya adonan kulitnya juga sangat khas, jadi kalau kulitnya menggunakan resep kue kering yang biasa kita buat, rasa khas dan otentiknya hilang. Eh tapi saya sepertinya mau modif isian menggunakan cokelat dan atau keju, hmmm gimana rasanya ya! nanti deh bikinnya, kalau sempat hahahaha

Salah satu ciri khas dari kue duri-duriang ini juga ukurannya yang bigsize banget, bisa membuat orang yang takut untuk nyoba, takut ga cocok rasa, ga enak juga disisa atau dibuang hehehe, eh tapi saya rasa sih ga ada yang bakal nolak ditawari kue duri-duriang iniii.. rasanya memang beneraaan enaaaak

Ole-olenya lumayan nih.. setidaknya ga perlu beli kue lagi buat ole-ole. kue duri-duriangnya dah dibagi sesuai dengan selera penerima.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Talam Rebon

CornFlake Cookies