Dadar Gulung Mawar


Hari ini Doubleyoucakes Palopo lagi ada pesanan Pancake Durian, karena memang lagi ga ada stok forzen, jadi baru tadi pagi bikin kulitnya, stok duren juga minim, jadi beneran bikin cuma sesuai pesanan. Waktu bikin kulit pancake, adonan sengaja saya bagi 2, 1 bagian buat kulit pancake duren yang saya tambahkan pasta pandan, 1 bagian lagi saya biarkan polos, masih belum ada rencana kulitnya mau diapain, yang terlintas sebenarnya bikin risoles, cuma duh malas bikin isiannya hihihi *dasar pemalas*.

Karena lagi rencana mau bikin kue duri-duriang, itu lho kue kering khas makassar yang bentuknya kayak landak sih sebenarnya, tapi disebutnya kue duri-duriang (pake g yaaa, biar manteeep, hehehe), dan karena masih ada sisa sedikit duren, akhirnya mengutus suami beliin kelapa dan gula merah, buat bikin unti isian kue duri-duriang.

Tiba-tiba aja kepikiran kenapa ga trial bikin dadar gulung mawar? toh isinya juga sama.. langsung deh adonan kulit pancake ditambahin pewarna merah dikit, dan mulai ngedadar kulitnya.

Isiannya langsung dibikin begitu tuan suami tiba dari tugas negara, hihihi. selesai bikin isian, langsung deh perhatikan foto ste by stepnya yang disharing sama beberapa teman-teman di NCC group FB. Masih belum rapi sih, apalagi saya juga masih belum bisa ngedadar dengan rapi, jadi ada satu sisi yang ketebalan, ada yang ketipisan, seperti ya butuh wajan kwalik nih hihihi *kedip-kedip mata ke tuan suami*

Jadinya makan dadar dengan bentuk berbeda memberikan sensasi lain, mungkin 'tersihir' dengan tampilannya yang aduhai, rasanya ngikut aduhai.. padahal saya ga terlalu doyan dadar lhooo, atau karena isiannya bikin sendiri, jadi lebih enak? ntahlah.. btw, nih dadar kalau sudah seharian disuhu ruang, kulitnya jadi kering, apalagi potongan untuk daunnya, keriiingg banget, jadi ga menarik lagi deh :(

Untuk kulit saya pake kulit semar mendem NCC

Kulit Pancake/Dadar
 resep by. NCC

 Bahan :
 250 gr tepung terigu (saya pake protein tinggi)
 500 ml santan (saya ganti susu cair)
 3 butir telur
 1/4 sdt vanili
 1/4 sdt garam
 pewarna merah dan pasta pandan (atau pewarna hijau)

Cara Membuat :
 Campur tepung, garam dan vanili, buat lubang ditengahnya, masukkan telur, aduk rata sambil tuangkan air, aduk hingga adonan licin, kalau perlu disaring.
 bagi adonan 1/4 diberi pasta pandan atau pewarna hijau untuk daun dan 3/4 beri pewarna merah
 Panaskan teflon dengan api kecil, buat dadar hingga adonan habis. sisihkan.

Untuk isiannya saya menggunakan resep mba Hesti HH, sekalian bikin isian untuk kue duri-durian.

Ini dia resepnya
 unti / cangkuli
 by. Hesti HH

bahan :
 1 butir kelapa parut
 250-300 gr gula merah
 150 ml air
 3 buah duren, buang bijinya. (saya pake 50 gr, kurang berasa jadinya)
 1/4 teh garam (tambahan saya)

Cara membuat :
 Sangrai kelapa parut sebentar, sisihkan.
 Masak gula merah dan air hingga mendidih, saring, lalu masak kembali hingga mendidih, masukkan duren masak hingga matang, masukkan garam, kemudian masukkan kelapa, aduk hingga kalis.

Penyelesaian..
 Ambil 1 dadar hijau, potong 4 memanjang, potong kedua ujungnya agar nampak seperti daun. sisihkan.
 Ambil 1 dadar merah/pink. potong pada 4 sisi mata angin (ibaratnya seperti itu, utara, selatan, timur, barat) tapi jangan sampai terbagi 4 ya.. sisakan bagian ditengah yang tidak terkena potongan.
 Isi dengan bahan isian, rapikan sedikit agar berbentuk piramida. tarik satu bagian menutupi piramida isi, lipat sedikit kearah luar, rapikan. kemudian tarik lagi satu bagian pada arah yang berlawanan dengan sisi sebelumnya (didepan, ibaratnya, bagian utara-selatan dulu, baru timur-barat, jangan utara, timur, selatan, barat yaa.. hasilnya ga akan cantik hehe). lipat kearah kpluar, tarik menutupi piramida, rapikan. lakukan hingga semua sisi habis. rapikan. taruh mawar diatas dadar daun yang sudah disiapkan.

Moga kebayang yaaa, kalau masih susah, banyak kok step by stepnya bisa digoogling, kemarin rencana mau bikin step by stepnya, tuan juga udah siap fotoin, tapi sayang, cuacanya lagi mendung dan gelap, jadi pencahayaannya tidak maksimal.

Sempat juga nemu yang bikin adonan 2 juga, merah dan hijau, tapi yang hijaunya juga dibikin sama dengan merah, jadi kulitnya 2 susun. cantik sih lebih mirip mawar yang berkelopak, tapi bagi saya, malah kulitnya jadi tebal banget, khan double hehehe

Oya, kadang tuh lipatan mawarnya ga mau nempel.. jadi sediain air matang ya untuk jadi lem.

Pas lagi pamer di path, ada teman yg nyeletuk, hadiah valentine buat suami kah? hihihi valentinenya lewat sehari, tapi diliat juga, cantik ya jadi bingkisan untuk orang terkasih? Jadi sajian pesta nikahan juga bagus, apalagi untuk arisan.. ayo ibu-ibu yang di Palopo, boleh deh pesan di Doubleyoucakes Palopo.. -mulai offside lagi deh, promo jualan disini hihihi-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Talam Rebon

kue duri-duriang ole-ole ke Makassar

CornFlake Cookies