Donat Kentang Mini

Selama ini saya ga berani coba membuat donat, udah keburu give up duluan klo mesti ngulen, takut kejadiannya sama seperti nasib roti-roti saya yang tidak maksimal, tapi penasaran banget nyobain donat kentang ini, kata yang dah coba, rasanya enak dan empuuuk bangetttt.. akhirnya memantapkan niat..

Kali ini bikinnya 1/2 resep aja, takut ga sanggup ngulennya, pas baca-baca literatur ada beberapa yang ngulen donatnya hanya sampai kalis, ga sampai elastis, kalau sekedar sampai kalis doank sih bisa.. membuat sampai elastis itu yang susaah hihihihi

Donat kentang pakai resep NCC yang sudah terkenal empuk, kali ini ga ditoppingin macam2, lemari doraemon lagi dikit stoknya, jadi cukup dibalur sama gula donat aja, rasanya tetap nyummy.. eh ada 3 donat sih ditabur meises cokelat, tapi karena nempelinnya hanya pake margarin leleh, jadinya ga maksimal juga nempelnya.

Ga lama-lama, ini dia resep yang saya pakai.. saya hanya menggunakan 1/2 resep dari takaran dibawah ini :

Donat Kentang
 source : Natural Cooking Club (NCC)

Bahan :
 500 gr tepung terigu protein tinggi
 50 gr susu bubuk
 1 bks (11 gr) ragi instan, mis. fermipan
 200 gr kentang kukus, haluskan, dinginkan.
 100 gr gula pasir
 75 gr mentega (saya pake margarin)
 1/2 sdt garam
 4 kuning telur
 100 ml air dingin

Cara Membuat :
 1. Campur jadi aatu terigu, susu bubuk. ragi, dan gula, aduk hingga tercampur rata.
 2. Tambahkan kentang halus dan kuning telur, masukkan air sedikit demi sedikit, uleni hingga rata dan setngah kalis.
 3. Masukkan mentega dan garam, uleni hingga kalis. Diamkan 20-30 menit.
 4. Kempiskan adonan, bagi bentuk bulat, saya membaginya masing2 20 gr, bulatkan, diamkan lagi selama 20-30 menit.
 5. Goreng donat dengan api kecil hingga matang.
 6. Beri topping sesuai selera.

Untuk timbangan 20 gr perbulatan hasil jadinya 27 pcs, sepertinya jika ingin dijadikan sate donat, timbangannga mesti turun lagi, mungkin 10gr peradonan.

 Akhirnya berhasil juga menaklukan donat, sepertinya saya mulai PD nih jualan donat.. lain kali mau cobain donat ala cafenya NCC, konon kabarnya yang sudah nyoba rasanya mirip banget sama J.Co. Mari kembali mengumpulkan niat hihihihihi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Talam Rebon

kue duri-duriang ole-ole ke Makassar

CornFlake Cookies