Talam Rebon

Tiap malam jumat, sampai nanti malam ke 40, dirumah nenek ada yasinan dan tahlilan untuk kakek kami yang baru meninggal. Nah karena bertepatan puasa, Yasinan dan Tahlilannya dipindahkan sehabis sholat Ashar, lalu dibagikan menu takjil untuk ibu2 yang datang. Jadi kuenya dibawa pulang aja.

Beberapa hari yang lalu mertua ngomong ke saya nanya kue apa yang cepat dibikin dalam jumlah banyak, saya waktu itu baru kepikiran sama puding aja, mertua minta 2 jenis, kalau bisa asin dan manis. Karena udah dari dulu penasaran sama kue Talam, saya sering beli tapi biasanya adonan talamnya tidak sesuai selera, jadinya mumpung nih resep dah disave lama, dieksekusi aja.

Karena di Hypermart Palopo ga ada yang jual Ebi, jadinya pakai rebon aja, mudah2an aja sama. Rasa kue Talamnya enaaak, taburannya maknyuss dan pedes. Oya, cucing talamnya saya oleskan dengan minyak bekas goreng bawang, hasilnya wangi yang menggoda.


Talam Ebi/Rebon
Resep by. Sahak Pribadi

Bahan :
Lapisan bawah
300 gr tepung beras
100 gr tepung sagu tani
20 gr garam
40 gr gula pasir
1000 ml santan sedang

Lapisan atas
100 gr tepung terigu
100 gr tepung beras
10 gr garam
10 gr gula pasir
500 gr santan kental

Bahan Taburan :
3 Buah Cabe merah keriting (saya pakai 4)
5 Buah cabe rawit merah
150 gr ebi, rendam, tiriskan (saya pakai Rebon)
2 siung bawang putih
2 cm kencur (ga pakai, mertua ga suka makanan yang pake kencur soale)
4 lembar daun jeruk (saya pakai agak banyakan)
20 gr gula pasir
20 gr bawang goreng, haluskan (saya remas kasar aja)
5 gr daun seledri (sepertinya saya pakai lebih banyak dari ini, biar makin wangi)
2 sdm minyak goreng
Blender : cabe merah, cabe rawir, ebi, bawang putih, kencur, daun jeruk dan gula. kemudian ditumis dengan minyak goreng hingga matang, angkat, dinginkan. Masukkan bawang goreng dan daun seledri dalam tumisan, aduk rata.

Cara Membuat :
Lapisan bawah
1. Larutkan tepung beras dan tepung sagu dengan 500 ml santan, aduk rata.
2. Masak sisa santan hingga mendidih (saya tambahkan daun jeruk) tuang kedalam larutan tepung beras, aduk rata.
3. Tuang kedalam cetakan/loyang yang sudah dioles minyak (saya pakai minyak bekas goreng bawang) lalu kukus selama 10 menit.
Lapisan atas :
1. Campur terigu dan tepung beras, kemudian tuangkan santan kental, aduk rata.
2. Tuang kedalam lapisan bawah yang sudah dikukus lebih dulu.
3. Kukus kembali kurang lebih 5 menit, angkat dan dingikan.
4. Terakhir taburkan bahan taburan, hias dengan cabe merah dan daun seledri.

Hasil jadinya mungkin antara 45-50 pcs, soalnya adonan saya ada beberapa yang tumpah, jadinya ga nyampe 50 pcs.
Oya bahan taburannya ditabur berlimpah aja, saya kemarin agak ragu2 tabur yang banyak, karena terlalu pedes, tapi ternyata ga kok, mana bahan taburan sisanya masih banyak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kue duri-duriang ole-ole ke Makassar

CornFlake Cookies