Pastel Goreng

Hari ini lagi semangat baking setelah beberapa hari mendadak malas, awalnya mau eksekusi Manisan Patikala, tapi berhubung ternyata patikalanya dah dihibahkan mama mertua ke tetangga sebelah jadilah dipending dulu, tunggu sampai bapak mertua kembali ke kebun dan bawain patikala lagi.

Karena udah terlanjur rajin, masa iyya kembali tidur di kamar, jadi buka kulkas, liat bahan apa aja yang bisa disulap jadi cemilan, eh ternyata saya masih punya wortel dan kentang yang lumayan banyak, dan masih ada kornet ayam pula, jadi kepikiran mau buat pastel aja.

Lansung potong dadu wortel dan kentangnya, langsung tumis bersama kornet ayam, dikasih susu sedikit biar jadi ragout awalnya, tapi ternyata rasanya agak hancur hihihihi, karena rasanya hancur dan sayapun sedikit kurang selera dengan isian pastel saya, jadi kali ini saya ga usah sharing ya resepnya hahahaha

Mau cerita soal kulitnya aja, kulitnya ini lumayan lembut, enaaak deh, dan hasil jadinya tidak keras tapi tetap renyah, jadi ngeprul banget, beda banget ketika saya trial bikin pastel beberapa waktu lalu, dapat resep dari teman, tapi ga ngasih takaran airnya, nah sementara saya belum pernah bikin pastel sebelumnya, jadi ga ngerti takaran air yang pas segimana, hasilnya keras banget, digoreng pun lepas printilannya, padahal waktu itu statusnya masih pengantin baru hihihi malu deh, masa iya bikin pastel aja kagak bisa.

Nah kulit tadi pakai resep NCC, takaran airnya pas, jadi beneran bikinnya asal cemplung, eh jadi.. Cuma sepertinya jangan terlalu diulen agar enak digilingnya, kalau terlalu diulen, pas digiling suka balik lagi adonannya..

Ini dia resep kulit, minor isian ya, untuk isian silahkan buat sesuai selera aja.

Pastel Goreng
Resep by. Fatmah Bahalwan Source : NCC

250 gr tepung terigu protein sedang
40 gr Margarin
100 ml air hangat suam2 kuku

Isian sesuai dengan selera

Campur bahan kulit jadi satu, aduk rata hingga adonan bisa dipulung, bagi adonan menjadi 15 bagian sama besar, giling hingga tipis (saya giling menggunakan rollingpin), taroh dicetakan pastel, isi dengan bahan isian, tangkupkan dan rapikan. Saya sih plintir lagi, walaupun sudah terbentuk jika menggunakan cetakan. Hasil jadi saya tadi sekitar 20 pcs, karena waktu ngerapiin ada beberapa adonan yang nyisa, dikumpul eh ternyata cukup sampe 20pcs, ini cara sesat ya, habisan meja saya kurang bagus dipakai untuk ngeroll adonan, jadi saya ngeroll adonan diatas loyang hehehehe

Nah setelah diisi kalau belum mau digoreng sebaiknya ditaroh diatas baki dan ditutup serbet lembab agar adonan kulit tidak kering. Goreng dengan minyak panas yaa, begitu pastel digoreng, kecilkan api menjadi sedang, agar matang merata.


Siap deh disajikan dengan saus sambel atau cabe rawit.. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Talam Rebon

kue duri-duriang ole-ole ke Makassar

CornFlake Cookies