Pandan Gurih Cake

Bukan mau share resep, cuma mo share foto kue yang menurut saya agak 'gagal' walaupun rasanya tetap lembut dan enak, buktinya ga sampai hitungan jam kuenya dah habis aja, sampe tuan bilang cuma bikin segini ya? kurang kata dia hehehehe Alhamdulillah kalau tuan doyan, khan emang tujuannya untuk memanjakan lidah dan perut tuan :)

Nah ini sebenarnya karena lagi gemes, dirumah masih punya 1 kg (2 bungkus) tepung ketan putih, bingung mo diapain, lupa juga dulunya dibeli buat apa yaaa? hihihi akhirnya rajin browsing resep-resep yang menggunakan tepung ketan putih. Kebanyakan memang resep kue tradisional dan keripik2, nahh karena saya merasa belum PD bikin kue tradisional, takut malah ga laku, dan udah coba beberapa resep keripik dan juga gagal, akhirnya cari resep cake aja, yaa hitung-hitung nambahin ilmu resep yang gluten free.

Sebenarnya sih udah pernah bikin cake gluten free, tapi yang pakai campuran tepung ketan dan tepung beras putih, cuma karena ini niatnya ngabisin stok tepung ketan putihnya aja, jadi cari lagi resep lain. Diresep sebenarnya masih campuran antara tepung ketan dan tepung terigu, dan dengan agak kreatifnya saya mengganti semua takarannya memakai tepung ketan putih saja hihihihihi

Cake ini sedikit terinspirasi dari postingan Brownies Talam Ubi Ungunya mbak Shepty Dwi Mawardi di event Brownies Week NCC beberapa waktu lalu, kupikir sih, pasti akan jadi spesial kali yaaa kalau nyontek ide bolu dipadukan dengan talam gurih, perpaduan antara manis dari cake dan asin dari talam pasti bakal perfecto banget.

Mulailah ubek2 resep, prepare resep, proses eksekusi, kukus, dan jadiiii, ehh begitu dikeluarin dari loyang, kok kuenya mimpes dan rada bantet yaaa? Mulai di analisa semua step satu persatu sampai akhirnya nemu kesimpulan :
* Pengocokan sangat kental, apalagi tanpa emulsifier, jadi ketika kue selesai dikukus hasilnya mimpes
* Metode penuangan talamnya kebalik, niatnya sih mau bikin motif diatasnya, jadi cake dulu dikukus, 10 menit terakhir, tuangin adonan talam kukus bentar, lalu beri motif, jadinya adonan talamnya kurang cantik, dan mungkin juga jadi mimpes karena adonan belum set bener dikukusan, udah dikeluarin pas mo tuang adonan talam dan motifnya. Next time mo tuang adonan talam dulu (diresep mbak Shepty memang adonan talam dulu yang dituang), kukus 5 menit, baru deh tuang adonan cakenya dan dikukus hingga matang.

Oke deh next time coba lagi, moga aja berhasillllll.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Talam Rebon

kue duri-duriang ole-ole ke Makassar

CornFlake Cookies