Puding Telor Ceplok

Akhirnya jadi juga eksekusi resep ini, dah dari kapaaan pengen bikin, tapi selalu hanya sebatas angan2 belaka.. selalu terkendala karena tidak pernah menemukan mika bulat tiap kali beli bahan dan kemasan, sampe kemudian minggu lali ada yang share di FB pake mika kotak, lumayan lhaaa..

Bikin deh, sekalian buat hantaran menghadiri takziah meninggalnya tante suami, lumayan cepat juga ngerjainnya, apalagi udah seharian jalan beli bahan ini bahan itu untuk jualan besok-besok, nyampe rumah juga udah agak tepar, jadi memang niatnya mau bikin yang simpel2 aja.

untuk bahan sebenarnya ga kesulitan, semua bahannya hampir selalu ada dirumah, kecuali nutrisarinya, karena memang jarang minum, tapi toko dekat rumah jual kok ;)

Prepare bahan, lalu mulai deh eksekusi untuk bahan kuning, siapkan cetakan/cucing kue talam, cetakan saya agak besar sih, jadi hasilnya sedikit, menurut sharing yang sudah coba resep ini, jadinya 25 pcs malahan.. sy cuma jadi 21pcs.

Setelah selesai bikin adonan kuning, didinginin hingga set. trus di tata deh didalam mika, narohnya kebalik yaaa, dasar cetakan/cucing menghadap keatas. setelah sudah berjejer rapi, baru deh bikin adonan putih, karena resep ini pake cokelat putih, jd cokelat putihnya dilelehin dulu.

Saking ga sabarnya, begitu adonan putih jadi, diaduk bentar untuk hilangkan busanya, langsung siram ke mika, yang ada mikanya meleleh, hihihi akhirnya diaduk-aduk lagi, lalu dituangin sesendok demi sesendoknya, jadinya adonan yang dituang belakangan ga merekat dengan baik, karena adonan puding putihnya sudah dingin.

Rasa sih enaaak, jeruknya berasa, cuma kalau menurut saya, ga perlu pake agar-agar putih lagi jika sudah ada nutrijelnya, atau pakenya setengah-setengah saja. Tapi masih penasaran dengan puding telor ceplok yang kuningnya lebih lembut, pernah baca sekilas, pakeuding buah atau puding labu, next time deh dieksekusi kalau lagi ga males hihihi

ini dia resepnya..

Puding Telor Ceplok
 Resep by. Rika Heldina

Puding Kuning :
 1 sachet nutrijel orange
 1 sachet agar-agar putih/plain
 8 sdm gula pasir
 700 ml air
 1 sachet susu kental manis
 1 sachet nutrisari.

Cara membuat :
 Campur adonan jadi satu kecuali nutrisari, aduk kemudian didihkan.
 Angkat, masukkan nutrisari, aduk rata.
 Tuang dalam cetakan, biarkan hingga set.
 keluarkan dari cetakan, tata dalam mika bulat atau kotak, sisihkan.

 Puding susu/putih
 1 sachet agar-agar putih/plain
 4 sdm gula pasir
 800 ml air
 50 gr cokelat putih, lelehkan
 2 sachet Susu kental manis

Cara membuat :
 Campur adonan jadi satu, didihkan.
 aduk hingga uapnya hilang dan tidak terlalu panas.
 tuangkan pelan kedalam mika yang berisi adonan kuning, jangan sampai adonan kuning tenggelam.
 biarkan hingga dingin, puding telor ceplok siap dinikmati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Talam Rebon

kue duri-duriang ole-ole ke Makassar

CornFlake Cookies