Roti Manis Tanpa Ulen

Di FB group NCC lagi rame nih bahas sweet roll resepnya mba Nikmatul Rosidah, tanpa ulen makanya banyak yang nyobain, akhirnya saya juga penasaran banget pengen coba, lumayan buat cemilannya tuan, secara tuan pencinta roti, daaan nyonya dah bilang dah ga mau bikin roti sebelum dibeliin bread maker hihihihi, kecuali yaaa kayak gini, nemu resep roti tanpa diulen.

 Sebenarnya waktu lagi mudik ke Makassar minggu lalu sempat bikin juga, pake resep yang versi 1 (anytime disharing kalau dah bikin lagi, waktu itu ga sempat fotoin hasilnya, soalnya agak buru-buru). Nah begitu nyampe Palopo lagi semangat2nya pengen bikin, yaaa kali jadi salah satu item jualan, apalagi habis ngambil tepung 10 kg dari dapurnya Doubleyoucakes Makassar, hihihi lumayan ga perlu beli tepung lagi.

Sebelum pulang ke Palopo juga udah sempat beli bahan ditempat biasa, lagi ngebayangin bikin sweet bun diisi cokelat filling, pasti nyummy, pas nyampe Palopo dicobain deh tu cokelat filling, ternyata ga seperti bayanganku, ini mah bukan cokelat filling, tapi vla cokelat filling *sigh* mana udah beli seember isi 5kg pulaaaaa.. ini sisanya mau diapainnn?? ga terlalu suka rasa vlanya, mending mahh saya bikin vla sendiri.

Lanjut ke roti ini, kali ini sebenarnya bikin versi sedikit ekonomis, lagi punya 6 kaleng blueband isi 1kg, hasil 'ngebajak' isi dapur Doubleyoucakes Makassar juga, jadi pake margarin dehh, diresep sih harusnya unsalted butter, cuma dirumah hanya punya stok butter Wisjman, dan kayaknya emaaan banget dipake.. secaraaa harganya agak maaaaahaaaal :(

Ini hasilnya lumayan banyak sebenarnya, adonan saya bagi 40 gr, dapat 19 pcs yang ditata diloyang, trus 1 saya bentuk jadi caterpilar bread (beratnya 66 gr), 3 pcs lagi saya bentuk asal aja, timbangannya masing-masing 50 gr. intinya ini roti hasilnya lumayan banyaaak deh, buat dibagi2 ke tetangga juga bisa kok hihihi

Ga lama-lama, ini dia resepnya..

 Sweet Roll Bun versi 2
 resep by. Nikmatul Rosidah

Bahan biang :
 120 ml air hangat, suhu dibawah 45 derajat
 2,5 sdt ragi instan
 1/4 sdt gula pasir
 Tuang air hangat kedalam wadah, beri ragi instan, lalu tambahkan gula pasir. aduk rata hingga ragi larut. biarkan 10 menit hingga adonan biang berbusa.

Bahan Roti :
 120 ml susu segar hangat (saya pake susu UHT yang saya hangatkan sebentar)
 1 butir telur, suhu ruang
 100 gr gula pasir (jika isiannya agak manis, gulanya bisa dikurangi)
 76 gr butter, lembutkan dengan garpu (sy pake margarin)
 1 sdt garam
 480 gr tepung terigu protein sedang, ayak

Cara membuat
Dalam wadah besar, campurkan terigu dan garam. aduk rata. lalu masukkan gula pasir, butter, telur, susu dan adonan biang. Aduk menggunakan tangan (tapi jangan diuleni yaaa) sampe adonan menjadi lembut.
 Tutup wadah menggunakan plastik atau serbet. diamkan sampai mengembang 2x lipat kurang lebih satu jam.
 Kempiskan adonan, rehatkan selama 2 menit.
 Ambil sedikit adonan, timbang sesuai selera dan isi sesuai selera lalu bentuk sesuai selera (hehehe), diamkan lagi kurang lebih 20-30 menit.
 Panaskan oven suhu 180 derajat celcius, oles roti dengan bahan olesan, panggang selama 10 menit.
 Keluarkan dari oven, oles dengan butter agar wangi

 Roti homemade tanpa bahan tambahan kimia, siap dihidangkan, lebih sehat khan??

Untuk bahan olesan silahkan pake bahan olesan andalan, kemarin sih saya bikinnya sesuai resep yang saya tambahkan madu, tapi jadinya kurang kinclong..
 Bahan olesan :
 1 butir telur dikocok lalu dicampur :
 1 sdm susu segar dan 1 sdm madu
 sepertinya lain kali saya hanya memakai kuning telurnya saja.

Oya, dari beberapa sharing teman-teman yang sudah coba resep ini, adonannya tetap agak lengket, kalau cara saya sih, tangan saya balur dengan minyak dulu, alhamdulillah ngebentuknya jadi lancar.

 Menurut tuan sih enakan yang versi 1, ntah yaa, karena pas bikin versi 1 saya pake butter, kali ini pake margarin, mungkin banyak pengaruhnya.. besok-besok deh bikin yang versi 1 tapi pake margarin juga, beneran mau dibandingkan hasilnya.

Saya malah lagi mikir kalau hasilnya sebanyak ini, enak kali ya dibikin bread puding, bread schotel dan olahan roti lainnya hihihihi edisi banjir roti..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Talam Rebon

kue duri-duriang ole-ole ke Makassar

CornFlake Cookies