Brownies Jagung

Waktu ngeposting foto dan resep ini di FB group saya sempat ditegur, wahh brownies kok tapi ga cokelat? Jadi bingung sendiri jawabnya, hehehe eh tapi khan sekarang memang variannya brownies dah banyak ya? keju, labu, nangka, pisang, dll, ada yang tetap mempertahankan warna cokelat agar tetap dibilang brownies, ada yang sudah berubah warna. Kalau menurut saya sih inilah kekayaan kuliner Indonesia, hehehe toh cuma di Indonesia khan yang ada brownies kukus, yang dari tekstur dan rasa aja sudah jauh melenceng dari pakemnya brownies.

Tapi mari kita tinggalkan pembahasan nama yang walaupun penting tapi sepertinya ga akan habis dibahasnya.. Resep Brownies Jagung ini seperti biasa dapat dari FB Group NCC, sejak BB suka ngehang akhirnya sekarang lebih sering "homo" (hobby monitor, silent rider) di group FB daripada di milis, biar ilmunya tetap terupdate, walaupun sih kadang ya pembahasan di FB beneran dasar banget, tapi resep-resep yang beredar juga masuk kategori must to try.

Nah pas muncul resep ini sebenarnya langsung capture karena masih dijalan, ga sempat baca pembahasan dikoment, padahal biasanya banyak ilmu yang terselip disana, baru pas mau eksekusi dibaca kembali, ini pake loyang berapa ya? lihat bahannya yang sangat sedikit ini jadi ga ya? hihihihi jadi pusing sendiri, tapi akhirnya disingkirkan dulu pusing-pusingnya, mending langsung bikin biar terjawab semua pertanyaan.

Ini kebetulan mertua sehari sebelumnya beli jagung agak banyakan, saya sih memang sering nyetok jagung manis dirumah untuk pesanan pizza Doubleyoucakes, cuma yang dibeli mertua juga sungguh kebanyakan, pas sekali mau eksekusi brownies jagung ini.

Sengaja bikin langsung 2 resep, karena rencana mau dibawa ke Rumah Sakit (Bapak mertua lagi masuk RS), nah seloyangnya buat dimakan deh di rumah, sekalian test icip khan? Jagung sengaja saya timbang, karena khan pasti beda-beda ya, biar ini resepnya lebih aktual.

Karena lagi tidak punya stok SKM, dan rasa-rasanya malas banget melangkahkan kaki ke toko dekat rumah, jadi SKMnya malah saya ganti dengan UHT.. duhh beda kali ya? yang satu kental yang satu cair, mana pake UHTnya 50 ml/resep.. jadinya cakenya agak nyusut setelah dikukus, walaupun rasa tetap lembut dan enak banget sih, noted nih, jangan suka merubah resep seenaknya hehehe

Oya, menurut beberapa teman, katanya secara gizi, jagungnya lebih baik diblender tanpa direbus dulu, tapi kalau direbus jadinya lebih legit, jadi kembali keselera, kalau saya sih baru nyoba salah satunya, jadi belum bisa membandingkan, enakan langsung blender atau direbus dulu jagungnya.

Tanpa lama-lama lagi, ini dia resepnya

Brownies Jagung
resep by. Dhinni Ummi Althaf

Bahan :
2 buah jagung, dipipil, rebus dan blender tanpa air (200 gr, berat jagung setelah dipipil dari tongkolnya)
2 butir telur
60 gr gula pasir
1/4 sdt SP
60 ge tepung terigu
50 ml minyak goreng
1 sachet SKM putih
Keju parut untuk taburan (tambahan, bisa diganti dengan cokelat atau sesuai selera)

Cara Membuat :
Panaskan kukusan.
Kocok gula, telur dan SP sampai kental berjejak. Masukkan terigu, aduk balik, masukkan minyak goreng, aduk rata.
Masukkan SKM dan blenderan jagung, aduk rata.
Tuang adonan kedalam loyang 22x10 cm yang sudah dioles margarin dan dialas kertas roti
Kukus selama 20 menit atau hingga matang (test tusuk)
Keluarkan dari loyang, tabur permukaan brownies dengan keju parut, hidangkan.

Sangat simple sekali khan? ini udah dicoba beberapa orang, bahkan ada yang jadi best seller jualan, semua bilang enaaak, emaaang ini enaaak bangeeet, saya aja doyan kok. Untuk taburan silahkan disesuaikan dengan selera.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Talam Rebon

kue duri-duriang ole-ole ke Makassar

CornFlake Cookies