Lumpia Keju ala Nyonya


Beberapa hari yang lalu ada yang share resep risoles triple keju di FB Group Natural Cooking Club, wahh keliatannya nyummy banget, dia pake 3 jenis keju, Mozarella, Cheddar dan Parmesan, yang kalau dijual tentunya sangat mahal.. Kebetulan sekali lagi nginjar mau bikin Lumpia Keju, isiannya khan bisa saya pake untuk dijadiin isi lumpia.

Jadilah mumpung orderan juga lagi kosong, waktu luangnya dipake eksekusi resep ini, lumayan buat menambah item jualannya Doubleyoucakes Palopo, mumpung lagi punya Mozarella yang lumayan berlimpah dan juga habis beli kulit lumpia.

Ngerjain ini cukup lama, kelamaan ngelepas kulitnya, ternyata butuh effort yang tinggi, secara lengket dan tipis banget, jadi kudu hati-hati. Selesai semuanya digulung rapi, pas ngegoreng, eh ada beberapa lumpia yang meletus dan isinya keluar. iksss itu kenapa ya?? cari-cari tipsnya sih katanya karena kulitnya keburu kering, makanya dianjurkan selama proses pembuatan, kulit yang belum dipake harus tetap di tutup dengan serbet/kain lembab, dan juga lumpia yang sudah diisi diperlakukan sama.

Isian saya timbang masing-masing 30 gr perlumpia, rencananya mau timbang 50 gr, jadinya besar dan cukup mengenyangkan tentunya, hasilnya juga lebih cantik karena agak montok :P, tapi hasil jadinya sedikit, secara yaaa bahan mahal, jadi kalau hasil jadinya sedikit bisa sangat mempengaruhi harga jual. Jadi dengan resep isiannya hasilnya cuma dapat 40 pcs. Takaran bawang putih juga sedikit saya ubah, dalam resep asli bawang putihnya 8 siung, bagi saya sih kebanyakan, jadi pake 3 siung aja, menurut saya sih udah pas, bau bawang putihnya agak samar, tapi yang doyan dengan aroma bawang putih yang kuat, monggo dipake takaran aslinya.

Ga lama-lama, ini dia resepnya

Lumpia Keju
Penulis : Unieq Munisah
(Modified Resep Risoles Triple Cheese by. Ade Erna Yogaswara, source : FB Group Natural Cooking Club)

Bahan :
40 pcs Kulit Lumpia siap pake
500 gr kentang, kukus, haluskan
2 buah wortel ukuran sedang
100 gr margarin (aslinya pake butter Wisjman)
1 buah bawang bombay ukuran besar, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus (aslinya pake 8 siung)
100 gr tepung terigu
200ml susu cair
1 sdt merica
Gula, garam secukupnya
kaldu bubuk jika suka
100 gr mozarella (dipotong dadu)
100 gr keju cheddar, parut
(diresep pake 50 gr parmesan, saya skip dan tidak disubsitusi dengan jenis keju lainnya)

Cara Membuat :
1. Keluarkan Kulit Lumpia dari freezer, diamkan hingga lunak kurang lebih 30 menit. lepas bungkus plastiknya, taroh di wadah, lalu tutup dengan serbet lembab. Sisihkan.
2. Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, masukkan kentang dan wortel, aduk rata.
3. Masukkan merica bubuk, tepung terigu, susu, garam, gula, kaldu bubuk, aduk rata, cicipi. Biarkan hingga matang kurang lebih 5 menit. Matikan api.
4. Masukkan keju, aduk asal rata.
5. Timbang adonan per30 gram, ambil 1 adonan kulit, isi, gulung, rapikan, rekatkan (perekatnya bisa pake putih telur atau terigu dan air yang dibuat agak kental).
6. Lumpia yang sudah diisi, ditaroh diwadah/baki dan ditutup dengan serbet lembab.
7. Goreng hingga kuning kecoklatan.
8. Jika ingin difrozen, masukkan wadah/baki kedalam freezer, biarkan beku 20-30 menit, keluarkan, masukkan lumpia kedalam plastik, ukuran persekali serving (mis. 10-15 pcs), rapatkan, frozen kembali.

Lumpia ini rasanya enaaaak banget, mozarellanya membelai lidah, ragout kentangnya bikin kenyang.. disajikan dengan saus enaaaak bangettt.. oya untuk resep sausnya saya pake resep dibawah ini dengan sedikit modifikasi, karena saya kurang senang dengan tektur bawangnya, jadi bawang putih dan cabenya sengaja saya saring agar sausnya agak halus.

Saus Lumpia
by. Hesti
source : Chinese Food Week NCC

2 siung bawang putih, keprek, cincang halus
6-8 biji cabe rawit iris halus (tambahan saya)
40 gr gula merah, iris halus
1 sdm maizena
250 ml air
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/4 sdt cuka makan

Cara Membuat
- Masak air dan gula merah hingga mendidih.
- Masukkan gula pasir, cuka dan garam, bawang putih dan cabe aduk rata. Saring
- Masak kembali, lalu kentalkan dengan maizena, aduk hingga kental, angkat.

Selamat mencoba.. dan Silahkan dimodifikasi sesuai dengan selera.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Talam Rebon

kue duri-duriang ole-ole ke Makassar

CornFlake Cookies