Chocolate Twin Star Bread

Judulnya agak maksa, yes? Ini gegara bingung mau namain apa rotinya, terinspirasi dari model Nutella Star Bread, jadi deh ikut-ikutan bikin, eh malah jadinya jauh banget dari modelnya hihihihi, gegara ngeroll rotinya juga lumayan lebar, dan ini ntah dibagi berapa, jadinya seperti bintang dempet (kalau diperhatikan dengan seksama)
Kalau mau surfing di youtube bisa memasukkan kata kunci Braided Bread, ntar banyak deh model roti lucu-lucu... pake kata kunci Nutella Star Bread juga bisa kok.

Resep kali ini beda dengan resep roti biasanya, kalau selama ini sudah jatuh cinta sama Sweet Roll Bunnya mba Nikmatul Rosidah yang saya pake bikin roti tawar (lupa resep yang itu sweet roll bun yang versi berapa, habis lumayan banyak versi yang beliau share), kali ini masih dishare sama mba Nikmatul Rosidah,tapi yang ini versi tante alias tanpa telur. Tetap ga diulen, tapi adonannya dipukul2 menggunakan rolling pin (pake sendok kayu juga bisa sepertinya) sebagai pengganti ulen. Hasilnya lembuuuuttt deh, masuk mulut langsung cyuuussss.. sensasinya beda dengan 2 resep roti tanpa ulen yang pernah saya share sebelumnya.

Untuk cokelat fillingnya karena saya ga punya Nutella (belum masuk dalam list bahan yang harus dibeli, mungkin memang rasanya enak, belum pernah nyoba juga hihihi ndeso banget, tapi kalaupun saya butuh cokelat spread seperti nutella, saya rasa bikin ganache dengan perbandingan 1:1 tetap enak kok, malah bisa jadi lebih enak, lagian harga Nutella terlalu mahal bagi saya hihihihi) akhirnya pake cokelat filling yang lebih cocok disebut vla dibanding cokelat filling (masih mikir itu 5kg cokelat filling mau diapain, yak? *sigh* gegara gelap mata pas beli nih) Tapi dijadiin olesan roti ini yang rasanya tidak terlalu manis cocok lhooo.. Waktu bikin roti yang ini adonannya memang cukup manis, jadi ditambah dengan cokelat filling yang manis, jadinya malah enek. Nah Chocolate Twin Star Bread ini enak-enak aja dikasih cokelat filling ini, malah ga sampe maghrib udah habis aja. Cuma memang agak sedikit cair tidak seperti jika memakai chocolate spread, jadinya pas motong roti cokelat filling ada yang meleber, makin ga keruan deh bentuknya.

Berikut resep rotinya :

Chocolate Twin Star Bread
Resep Sweet Roll Tanpa Telur by. Nikmatul Rosidah

Bahan Biang :
1/4 sdt gula pasir
2,5 sdt ragi instan
60 ml air hangat kuku
Campur jadi satu, aduk hingga gula larut, diamkan selama 8-10 menit hingga berbusa

Bahan Roti :
2 cup (280gr*) tepung terigu protein sedang, ayak
2 sdm gula pasir (bisa ditambahkan jika ingin manis)
1/2 sdt garam
1/2 cup (125 ml) susu segar tawar, hangatkan (sy pake UHT yang dihangatkan)
2 sdm butter/margarin, lelehkan (saya pake wisjman)

Cara Membuat :
1. Dimangkok besar campurkan terigu, garam dan gula, aduk rata.
2. Masukkan ragi, susu, dan butter, aduk rata, diamkan selama 5 menit dengan ditutup plastik/kain kering.
3. Uleni adonan/pukul adonan dengan rolling pin selam 8-10 menit.
4. Bentuk adonan menjadi bulat, lalu lulurin dengan sedikit minyak, lalu tutup hingga mengembang 2x lipat (kurleb 1 jam)
5. Kempiskan adonan lalu pukul lagi selama 5 menit.
6. bagi adonan menjadi 6 bagian (saya timbang per80 gr, adonan terakhir malah lebih, bisa lebih kecil kalau mau hasilnya lebih cantik, distep by stepnya sebenarnya cuma memakai 4 adonan, ini pake 6 karena ga ngerti ini sisanya mau diapain hihihihihihi *alasan sebenarnya sih malas*)
7. Gilas 1 bagian membentuk bulat (harusnya begitu :P), lapis dengan chocolate spread atau cokelat filling lainnya, ratakan, jangan terlalu tebal ya? tipis2 aja, lakukan hingga 5 lapisan, terakhir tutup adonan dengan 1 buat roti lagi.
8. Bagi 4 sesuai arah mata angin, tapi jangan sampai terpotong, ya? kemudian bagi lagi setiap arah mata angin menjadi 2 potongan (jd total 8 potongan, ini kalau mau cantik hasilnya, kalau saya ntah dibagi berapa nih, malas itungnya udah ruwet gitu hihihih).
9. Ambil 2 bagian, kepangkan 1 kali, lalu rapikan bentuknya (ini saya ntah dikepangin berapa kali, maunya supaya lebih cantik, eh malah ancur banget hihihihi) lakukan hingga adonan habis.
10. Diamkan kembali hingga mengembang (saya sekitar 1 jam)
11. Panaskan oven 200 derajat, panggang roti selama 10 menit, keluarkan, oles dengan butter leleh.

Disajikan dengan taburan gula halus lebih enaak

Hasil jadi rotinya memang lebih sedikit dibanding roti yang pernah saya share sebelumnya, ya iyalah jumlah terigunya juga hampir setengahnya. Cocok bagi keluarga kecil bikin roti ini yakin deh ga bakal nyisa hehehe.
Walaupun bentuknya amburadul begitu, percayalah ini roti enaaak pake banget :D Sejak nemu resep roti tanpa ulen, rasa-rasanya hidup tuh jadi indah banget hihihi #lebay, next masuk dilist mau nyobain resep French Baguette, udah nemu resep dan step by stepnya di youtube, no knead juga, tinggal eksekusi nih, karena ternyata waktu proffingnya agak lama..

Untuk step resep diatas yang lebih jelas, silahkan browsing dengan kata kunci yang sudah saya sebutkan diatas.

* saya pake takaran yang 1 cup terigu =140 gr, btw takaran ini beda2, saya nemu ada yang 1 cup terigu malah 128 gr, belum cek bener2, cuma baca sekilas doank, monggo ya dicek sendiri, dan disesuaikan sendiri heheheeheh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Talam Rebon

kue duri-duriang ole-ole ke Makassar

CornFlake Cookies